Dwi Tugas : Kebutuhan Sembako Saat Ramadan Meningkat

TERNATE – Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara (Malut) Dwi Tugas Waluyanto menilai adanya lonjakan permintaan yang cukup signifikan terhadap kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Ternate sepanjang bulan Ramadan 1439 Hijriah ini.

Hal ini menunjukkan adanya peningkatan konsumsi di masyarakat saat bulan Ramadan jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

“Saya perhatikan di pasar-pasar di Ternate ternyata kegiatan jual beli pada bulan ramadhan lebih tinggi dibanding bulan lainnya, yang berarti terjadi peningkatan konsumsi yang signifikan,” ungkap Dwi, Minggu (27/05/2018).

Menurutnya, selama ini antisipasi yang dilakukan pemerintah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) masih fokus pada supply atau ketersediaan barang, padahal sisi demand atau permintaan juga harus diperhatikan.

Sebagai upaya mengantisipasi permintaan yang cukup tinggi ini, maka diperlukan pula strategi yang harus dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya yakni memberikan pembelajaran terhadap masyarakat agar tidak hanya bergantung pada pasar namun juga dapat memanfaatkan pekarangan untuk menanam kebutuhan lain, seperti rica, tomat dan lainnya.

“Edukasi pada masyarakat agar tidak meningkatkan konsumsi secara berlebihan juga harus dilakukan,”tuturnya.

Selain itu, lanjut Dwi Tugas, kegiatan expo yang disiapkan oleh pemerintah melalui TPID yang bertujuan untuk menjaga kestabilan harga sembako harus diperpanjang dalam Ramadan ini.

“Expo ramadan yang menyediakan kebutuhan pokok juga direncanakan diperpanjang,” timpalnya mengakhiri.(can/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ming Mei 27 , 2018
TERNATE – Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara (Malut) Dwi Tugas Waluyanto menilai adanya lonjakan permintaan yang cukup signifikan terhadap kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Ternate sepanjang bulan Ramadan 1439 Hijriah ini. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan konsumsi di masyarakat saat bulan Ramadan jika dibandingkan dengan bulan-bulan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!