Sri Mulyani: Utang RI Masih Jauh Dari Batas Aman Rp8.400 T

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut total utang Indonesia yang mencapai Rp4.180 triliun hingga akhir April 2018 masih berada di bawah batas aman. Dengan asumsi Produk Domestik Bruto (PDB) tahun ini sebesar Rp14 ribu triliun, batas aman utang Indonesia sesuai Undang-Undang (UU) mencapai Rp8.400 triliun.

“Sekarang utang kita sekitar Rp4.000 triliun,” ujar Sri Mulyani di Sukaharjo, dikutip dari Antara, Sabtu (26/5).

Sri Mulyani menyebut sesuai UU terkait keuangan negara, batas aman utang Indonesia maksimal 60 persen terhadap PDB. Ia menyayangkan pernyataan sejumlah pihak yang terus memojokkan posisi utang Indonesia saat ini.

“Utang ini juga bukan seenaknya Menteri Keuangan, semua sudah diatur dalam undang-undang,” katanya.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa utang masa lalu Indonesia sebenarnya telah dibayarkan. Namun, terdapat utang baru yang dibutuhkan untuk pembangunan.

Di sisi lain, Sri Mulyani juga menekankan defisit anggaran Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. Tahun ini, defisit anggaran ditargetkan mencapai 2,19 persen terhadap PDB, turun dari tahun lalu 2,55 persen dan 2016 sebesar 2,99 persen.

“Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan, setiap tahun kita tidak boleh utang lebih dari 3 persen dari total kue ekonomi kita,” jelasnya.

Tahun ini, pemerintah menargetkan pendapatan negara sebesar Rp1.894 triliun, sedangkan belanja negara sebesar Rp2.220,7 triliun.

Ia mengatakan tingginya kebutuhan belanja negara tidak lepas dari banyaknya subsidi pemerintah yang masih dirasakan oleh masyarakat.

Di sisi lain, pemerintah juga terus membenahi infrastruktur untuk kemudahan hidup masyarakat termasuk untuk perkembangan industri di dalam negeri.(red)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kuota CPNS Ternate Tetap 179 Kursi, Berikut Usulan Formasinya

Ming Mei 27 , 2018
JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut total utang Indonesia yang mencapai Rp4.180 triliun hingga akhir April 2018 masih berada di bawah batas aman. Dengan asumsi Produk Domestik Bruto (PDB) tahun ini sebesar Rp14 ribu triliun, batas aman utang Indonesia sesuai Undang-Undang (UU) mencapai Rp8.400 triliun. “Sekarang utang kita sekitar […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!