Jelang Idul Fitri, BI Malut Tambah Pasokan Rp 100 Miliar

TERNATE – Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut) menambah dana sebesar Rp 100 miliar dari persediaan Rp 600 miliar, menyusul meningkatnya permintaan kebutuhan uang terutama Tunjangan Hari Raya (THR) bagi ASN dan pensiunan.

“Kami siapkan dana tambahan Rp100 miliar itu untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri, karena ada peningkatan kebutuhan uang,” ungkap Dwi Tugas Waluyanto Kepala BI Malut, Sabtu (26/5/2018) seperti dikutip dari warta Ekonomi.co.id.

Menurut dia, kebijakan ini untuk mengantisipasi kebutuhan lebaran tahun ini, karena kebutuhan uang untuk THR ASN dan pensiunan ini BI sudah menyiapkan uang tunai sebesar Rp700 Miliar.

Dia mengaku, jumlah yang disediakan kali ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan momen Pilkada dan juga pensiunan yang terima THR kemudian adapun penerimaan gaji 13 nantinya dan jumlah ini lebih besar dibanding tahun lalu sebesar Rp 600 miliar.

Sedangkan, untuk permintaan uang tertinggi terdapat di Halmahera Utara (Halut) dan Halmahera Selatan (Halsel), karena perputaran ekonomi di kedua kabupaten tersebut cukup baik, sehingga permintaan yang tinggi di Halut dan Halsel karena perputaran ekonomi cukup cepat di banding daerah lainnya di Malut.

Untuk persiapan distribusi uang sendiri, saat ini di Kabupaten Halut BI menyiapkan sekitar Rp 200 Miliar. Permintaan sebagian besar dari Bank Pemerintah dan Bank Pembangunan Daerah. Akan teapi, permintaan itu belum signifikan, karena dipastikan pertengahan Ramadan baru mengalami peningkatan.

Sebelumnya, BI Malut alokasikan dana Rp 600 miliar, karena dana untuk Ramadan disiapkan uang sebesar Rp 600 miliar untuk kebutuhan masyarakat terhadap uang bisa terpenuhi. Sehingga, Perwakilan BI memastikan ketersediaan uang di Malut, karena ketersediaan uang yang ada dipastikan dapat memenuhi kebutuhan uang sampai di saat Ramadan nanti.

Tetapi, Perwakilan BI Malut telah memastikan dan mengimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu khawatir pada saat Ramadan, meskipun biasanya dalam menghadapi Ramadan maupun Idul Fitri pasti terjadi inflasi, karena kebutuhan masyarakat meningkat.(hys/ant/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sri Mulyani: Utang RI Masih Jauh Dari Batas Aman Rp8.400 T

Sab Mei 26 , 2018
TERNATE – Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut) menambah dana sebesar Rp 100 miliar dari persediaan Rp 600 miliar, menyusul meningkatnya permintaan kebutuhan uang terutama Tunjangan Hari Raya (THR) bagi ASN dan pensiunan. “Kami siapkan dana tambahan Rp100 miliar itu untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri, karena ada peningkatan kebutuhan […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!