Hadiri Perayaan Paskah, Bupati Aliong Imbau Umat Beragama Jaga Kerukunan

BOBONG – Jajaran Polres Kepulauan Sula (Kepsul) bersama warga nasrani di Kabupaten Pulau Taliabu, Jumat (18/05/2018) merayakan hari Paskah dan kenaikan Isa Al-Masih.

Perayaan paskah yang dipusatkan di Desa Mintun, Kecamatan Taliabu Utara, ini dihadiri langsung oleh Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, Kapolres Kepsul, AKPB Jan W.I Makatita S.IK, Kepala SKPD lingkup Pemkab Pulau Taliabu, Kapolsek Taliabu Barat, Danramil Bobong, camat, para kepala desa, tokoh masyarakat dan warga jemaat gereja.

Tema yang diangkat dalam perayaan tersebut yakni “Paskah dan Kenaikan Menjadikan Polri Hamba Kebenaran, Keadilan dan Kemanusiaan.”

Pada kesempatan itu, Bupati Aliong melalui sambutanya menyentil aksi teror bom yang terjadi di Surabaya. Orang nomor satu di Pulau Taliabu ini mengencam aksi pemboman terhadap 3 gereja di Surabaya yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Dia berharap, aksi teror seperti itu tidak menjalar ke Pulau Taliabu.

“Kita di Taliabu merupakan salah satu jalur lintas yang menjadi sasaran para teroris melewati dari Sulawesi (Palu, red) ke Taliabu. Untuk itu saya meminta kepada pak Kapolres tolong sampaikan ke pak Kapolda Maluku Utara agar segera membentuk Mako Brimob di Taliabu,” kata Aliong.

Untuk menangkal aksi terorisme, tambah Aliong, seluruh kepala desa bersama warganya harus intens menggelar siskamling di masing-masing desa. Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kerukunan serta tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan antar umat beragama.

Kekhawatiran Bupati Aliong Mus terhadap ancaman menjalarnya teroris ke Pulau Taliabu nampaknya juga dikhawatirkan oleh Kapolres AKPB Jan W.I Makatita S.IK.

Pasalnya, kata Kapolres, setelah dianalisa kejadian di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Sulawesi Tengah (Poso) tidak menutup kemungkinan teroris masuk melewati Poso dan menargetkan Taliabu.  Terlebih lagi ssecara geografis wilayah Taliabu-Sulawesi sangat berdekatan.

“Saya minta tolong di pak kepala desa, babinkamtibmas, babinsa kalau melihat orang-orang yang tidak mau bergaul dengan saudara-saudara kita di sini langsung ambil tindakan saja. Tidak usah lagi tinggal di Desa kalau tidak mau bergaul dengan warga Desa,” imbau Kapolres.(al/azk)

Malut Times

Jendela Informasi Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemprov Malut ‘Hilangkan’ Safari Ramadhan di APBD 2018

Sab Mei 19 , 2018
BOBONG – Jajaran Polres Kepulauan Sula (Kepsul) bersama warga nasrani di Kabupaten Pulau Taliabu, Jumat (18/05/2018) merayakan hari Paskah dan kenaikan Isa Al-Masih. Perayaan paskah yang dipusatkan di Desa Mintun, Kecamatan Taliabu Utara, ini dihadiri langsung oleh Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, Kapolres Kepsul, AKPB Jan W.I Makatita S.IK, Kepala […]

Malut Times

maluttimes.com

Maluttimes.com - adalah portal berita media online yang menyajikan reportase seputar peristiwa maupun perkembangan kondisi sosial, politik, hukum, pendidikan, budaya dan ekonomi di Provinsi Maluku Utara yang dikemas secara aktual, cepat, akurat dan terpercaya. Portal berita ini mengusung slogan sebagai “Jendela Informasi Maluku Utara”.

error: Content is protected !!